Rabu, 27 Februari 2013

Cara Mendapatkan Air Bersih dengan Sumur Resapan

Cara Mendapatkan Air Bersih dengan Sumur Resapan - Kediaman Fatchy bukan di daerah berlimpah air. Ia tinggal di ibukota jakarta yang kerap kekurangan air disaat kemarau. "Hampir semua kolam renang di ibukota dipasok air PAM". Yang mengerikan, jakarta yang menjadi kawasan terpadat di Asia Tenggara ketersediaan airnya kerap tersendat. Tak jarang warga harus membeli air sehingga Rp60000 per  m3 dari pedagang air keliling yang mengambil air keliling yang mengambil air dari daerah lain.

Fetchy berfikir cara mendapatkan air bersih dengan sumur resapan. Fatchy tak pernah kurang air karena membuat sumur resapan. Sebuah sumur resapan dengan ukuran 1m x 1m x 2m ia buat dihalaman belakang rumah. Sumur itu meresapkan air hujan yang jatuh dari langit ke dalam tanah. "Selama ini kita hanya mengambil air tanah tanpa mengisinya kembali. Nah, resapan air hujan itu akan mengisi kembali air tanah yang sudah di ambil". 

Sumur disembunyikan dibalik hamparan batu kecil yang ditata mengelilingi taman. Batu ditata lebih rendah ketimbang permukaan tanah taman. Ketika turun hujan, air akan mengali melewati hamparan batu, lalu masuk kesumur resapan. "Hamparan batu juga berperan sebagai penyaring alami air hujan sebelum masuk ke sumur resapan.

Berkat kehadiran sumur resapan. Fatchy tak pernah kekurangan air bersih saat kemarau. Sumur resapan juga bisa mencegah banjir. Inilah Cara Mendapatkan Air Bersih dengan Sumur Resapan.

Semoga Bermanfaat!!!

0 komentar:

Poskan Komentar