Senin, 25 Februari 2013

Pengertian Air Gambut

Pengertian Air Gambut - Air Gambut adalah satu sumber air permukaan yang banyak dijumpai di daerah kalimantan dan sumatra. Air gambut berwarna coklat tua sampai kehitaman (124 - 850 PtCo), Daerah yang berair gambut ini biasanya daerah yang berawa yang memiliki kadar organik yang tinggi (138 - 1560 mg/lt KmnO4), dan bersifat asam (pH 3,7 - 5,3). Air gambut masih memerlukan pengolahan khusus terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai sumber air untuk keperluan domestik. Salah satu alternatif pengolahan untuk menurunkan warna dalam air adalah anaerobik biofilter dan Slow Sand Filter (SSF).

Ciri - ciri dari air gambut

  • intensitas warna yang tinggi (berwarna merah kecoklatan)
  • pH yang rendah
  • Kandungan zat organik yang tinggi
  • Kekeruhan dan kandungan partikel tersuspensi yang rendah
  • Kandungan kation yang rendah

Warna merah kecoklatan pada air gambut merupakan akibat dari tingginya kandungan zat organik terlarut terutama dalam bentuk asam humus dan turunannya. Asam humus tersebut berasal dari dekomposisi bahan organik seperti daun, pohon, atau kayu dengan berbagai tingkat dekomposisi. 

Dalam berbagai kasus warna akan semakin tinggi karena disebabkan oleh adanya logam besi yang terikat oleh asam-asam organik yang terlarut didalam air tersebut. Berdasarkan sumber airnya, lahan gambut dibedakan menjadi dua yaitu :
  • Bog, merupakan jenis lahan gambut yang sumber airnya berasal dari air hujan dan air permukaan.
  • Fen, merupan lahan gambut yang sumber airnya berasal dari air tanah yang dikontaminasi oleh mineral sehingga pH air gambut tersebut memiliki pH netral dan basa.
Berdasarkan kelarutannya dalam alkali dan asam, asam humus dibagi dalam tiga fraksi utama yaitu
  • Asam humat atau humus dapat didefinisikan sebagai hasil akhir dekomposisi bahan organik oleh organikme secara aerobik.
  •  Asam fulvat, merupakan senyawa asam organik alami yang berasal dari humus, larut dalam air, sering ditemukan dalam air permukaan dengan berat molekul yang rendah yaitu antara rentang 1000 hingga 10.000
  • Humin, komplek humin dianggap sebagai molekul paling besar dari senyawa humus karena tentang berat molekulnya mencapai 100.000 - 10.000.000
Masalah Air gambut harus ada penyaringan untuk bisa dikonsumsi dalam rumah tangga.
Bila anda memiliki masalah yang diatas bisa konsultasi di yomizu.com

3 komentar:

  1. dari yang kotor bisa jadi jernih ya...

    http://tokoonlineobat.com/obat-sirosis-hati-alami/

    BalasHapus
  2. densitas dan viskositas dari air gambut ini berapa ya? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. densitas dan viskositas dari air gambut ini berapa ya? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus